Desain Sosial Media Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop Kamu

Masuk Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) Tapi Gak Punya Bakat Seni



Pernah gak sih kalian yang dulu atau sekarang ada di posisi yang juga merasa "ga punya bakat seni" dan bahkan pengen keluar dari kampus karena merasa jurusan DKV "ga punya masa depan"
Tapi, pikiranku saat dulu adalah kalo aku berhenti maka sudah pasti "gagal". Jadi kenapa gak lanjut dan belajar terus. karena kalo belajar ga ada ruginya kan?

Jadi dari latar belakang konflik batin dari cerita yang cukup sering teman-teman kasih atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

Pengen masuk jurusan DKV, tapi gak punya bakat seni :(

Pengen masuk jurusan DKV, tapi bukan keturunan orang seni :(

Pengen banget masuk jurusan DKV, tapi kayaknya gue ga punya keahlian seni :( 

Perlu kalian ketahui, pada kenyataannya, punya bakat seni tentu menjadi hal yang sangat membantu sekali dalam hal untuk menjadi seorang desainer grafis. Tidak terkecuali dalam masa pendidikannya, di jurusan DKV salah satunya tugas-tugas yang diberikan juga tidak langsung serta merta berhubungan dengan digital artwork. 
Pada masa awal semester, biasanya sangat sering diberikan tugas-tugas yang berhubungan dengan gambar manual. Hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan atau taste seni kita.

Dengan bakat yang dimiliki, seseorang akan lebih mudah paham dan mengerti hal-hal apa saja yang tepat dilakukan dalam tugas hingga karya yang akan dibuatnya nanti.

Ditambah lagi, yang berbakat lebih cepat menangkap dan tahu betul cara menggunakan dan menerapkan elemen-elemen grafis dengan efektif.

Terus gimana dong kalo saya gak punya bakat seni? Apa masih cocok kuliah ambil jurusan DKV? Apa saya bisa jadi Desainer Grafis? *galau

Belajar dari pengalaman sih, jadi tahun pertama masuk DKV, dengan latar belakang yang sangat buta seputar dunia desain grafis. Hingga latar belakang nasib keluarga, siapapun yang dikenal dalam anggota keluarga juga tidak ada yang tahu menahu dengan dunia desain grafis ini.

Intinya udah bener-bener buta & tidak ada dukungan moril sama sekali :(

Setelah yakin dengan mencari tahu prospektif dari jurusan ini, sedikit demi sedikit terus belajar dan mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan dunia desain. Banyak hal yang dipelajari dan difahami setelah masuk di dunia pendidikan, bahwa desain grafis itu awalnya begini, desain grafis itu kudu bisa gini, bisa gitu... 



Karena merasa gak punya bakat, maka kita perlu meningkatkan dan sering-sering melatih diri lebih keras dan giat lagi. Ingat yaa, yang punya bakat aja kadang belum tentu menguasai, gimana kita yang gak punya bakat? Masa mau males-malesan dan berpasrah diri? Kuncinya kita harus rajin mengasah taste dan kemampuan kita. Bisa saja dimulai dari mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dengan baik dan tepat waktu. 

Emang gak sebentar, tapi seiring berjalannya waktu, kita akan paham dengan hal-hal yang telah kita lakukan dengan giat dan terus-menerus. 

Bahwa gak punya bakat seni bukan berarti akhir dari segalanya dan gagal. Menjadi desainer grafis gak harus memiliki bakat seni. Orang yang punya bakat seni, tapi gak punya keinginan untuk belajar dan melatih diri justru bisa saja berkahir dengan jalan di tempat. 

Menjadi desainer grafis bukan tentang seberapa banyak jiwa senimu. Seberapa kaya kedua orang tuamu. Akan tetapi, seberapa kuat apa kamu bisa bertahan untuk terus belajar dan melatih diri serta kemampuan dalam memberikan solusi dari sebuah permasalahan. 



Semua butuh waktu, semua butuh proses, maka jalani dan nikmati prosesnya dengan sebaik mungkin.

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masuk Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) Tapi Gak Punya Bakat Seni"

Post a comment

Random Posts

Sedang Memuat...
Hire Desainer