Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Pentingnya Moodboard Referensi


Mood board referensi adalah langkah awal yang dapat digunakan untuk desainer sebagai pendekatan untuk menterjemahkan ide-ide terhadap klien. bagi kebanyakan desainer adalah sesatu yang sangat mendasar sebuah penciptaan mood board referensi. Dimana dalam hal ini, sebuah mood board referesni dapat digunakan sebagai guide untuk mengembangkan sesuatu apa yang diinginkan klien.


Bahasan ini merupakan pendalaman dari artikel sebelumnya, mengenai apa itu moodborard referensi. Silahkan baca kembali disini.

Berikut adalah beberapa hal yang kamu dapatkan ketika menggunakan moodboard sebelum mulai mendesain. Skuy disimak!

  • Menampung Ide Sementara
Ketika kita telah mendapatkan banyak inspirasi ataupun ide-ide segar, maka untuk menuangkan inspirasi atau ide tersebut, kita bisa merapikannya ke dalam sebuah mood board. Dengan ditempelkan di sebuah papan atau layar komputer dan disusun maka akan membantu desainer, sehingga tidak terlupa dengan ide yang telah di dapat sebelumnya. Contoh gampangnya adalah ketika desainer memiliki ide untuk mencoba style dalam mendesain dan menyertakan elemen-elemen desain lainnya. Dengan demikian, disaat desainer mulai mendesain, ia telah mengetahui apa yang diinginkan dan tidak inginkan.

  • Memberikan Gambaran Kerja Kepada Klien
Seringkali ide yang didapat susah untuk disampaikan kepada klien. Sebenarnya komunikasi antara desainer dan klien adalah faktor yang sangat penting. Karena jika tidak menemukan titik terang gambaran yang akan dibuat, nantinya bisa berujung malapetaka bagi desainer. Misal saja dengan banyak revisi dari klien yang ujungnya desain jadi tidak terarah. Komunikasi ini memainkan peran penting dalam proses mendesain. Klien memiliki hak untuk memantau dan memberi masukan kepada desainer mengenai karya yang mereka pesan. Jadi alangkah baiknya jika dalam proses berpikir dalam mendesain agar membuat sebuah mood board. Karena mood board bisa memberikan gambaran kerja untuk dipahami klien.
Mood board memberikan gambaran kepada klien tentang visi seorang desainer, bagaimana cara memadukan visi dengan keinginan klien dan menghindari miskomunikasi yang diakibatkan oleh komunikasi yang pada umumnya kebanyakan verbal.

  • Peluang untuk Bereksperimen
Satu hal yang patut diingat; Hal yang kamu taruh di moodboard tidak harus sempurna atau bahkan dipertimbangkan untuk digunakan. Mencoba hal-hal baru adalah cara ampuh bagi desainer untuk berkembang. bereksperimen dengan warna, kontras, gambar dan huruf tidak hanya dapat membantu kamu untuk mendesain project yang kamu kerjakan sekarang, namun memberikan inspirasi untuk pekerjaan di masa mendatang.

Demikian ulasan mengenai keuntungan menggunakan moodboard. Semoga bermanfaat yaa ;)



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Moodboard Referensi"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...