Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

 Prospek Kerja Lulusan DKV-dkvbanget.com

Sepertinya makin hari jurusan Desain komunikasi visual (DKV) akan menjadi semakin diminati. Apalagi kalau bukan karena sudah eranya industri 4.0 yang seperti sekarang ini? Atau mungkin hal lain yang berkaitan dengan perkembangan pola komunikasi yang saat ini cenderung lebih trend dengan pola visual dibanding audio atau tekstual. Lihat saja dengan trendingnya media sosial instgram yang sebagian besarnya adalah pola komunikasi visual. Makanya, gak sedikit millenial yang mulai tertarik dan berharap bisa terjun di jurusan ini.
Perguruan tinggi mana saja yang punya jurusan ini? Kalian bisa cek kembali pada postingan berikut.
Selain karena tren bahasa visual dan didukung dengan era industri yang seperti sekarang. Prospek kerja dan sejumlah benefit tentu juga akan didapat oleh mereka yang mengambil jurusan desain komunikasi visual atau DKV. Kira-kira bagaimana dan seperti apa prospek kerja dari jebolan DKV? Simak deh ulasan berikut ini!

  • Graphic Designer (Desainer Grafis) di Branding Agency
Branding agency yang saya maksud adalah suatu perusahaan yang bertugas sebagai pengelola, konseptor, perancang strategi branding secara khusus untuk klien-kliennya. Bukan rahasia umum lagi, kalau aspek visual dalam era sekarang ini sangat penting sebagai branding perusahaan. Maka dari itulah, branding agency sangat membutuhkan seorang desainer grafis. Sebagai desainer grafis, kamu biasanya memiliki jobdesk seperti merancang logo, brand identity, dan tampilan visual yang menunjang brand perusahaan klienmu.

Selain harus jago berbagai macam software desain grafis, tentunya kamu juga harus paham mengenai fundamental perusahaan yang kamu tangani untuk dibranding sehingga akan sesuai dengan karakteristik perusahaan atau klien yang kamu pegang tersebut. Untuk itulah, kamu anak DKV harus punya minat membaca, menganalisa keadaan dan belajar strategi branding dari sekarang, kalau berkeinginan bekerja sebagai desainer grafis di branding agency.


  • Divisi Kreatif di Advertising Agency
Divisi kreatif sebenarnya tidak cuman harus kreatif saja. Divisi kreatif dalam hal ini biasanya dituntut mengerti mengenai bentuk visual yang baik hingga teknik dalam merancang visual. Kalau kamu sudah menguasai teknik dalam merancang grafis dan merasa memiliki tingkat kreatifitas yang lebih, maka bekerja di Divisi kreatif adalah hal yang dirasa sesuai untuk kamu pilih. Selain kreatif, kamu juga mesti aktif, dan dinamis dalam mengikuti perkembangan tren atau bahkan kamu bisa menciptakan tren itu sendiri. Di divisi ini, biasanya memiliki jobdesk seperti membuat konten visual yang kreatif dan menarik sesuai dengan kebutuhan klienmu.

  • Graphic Designer (Desainer Grafis) di Perusahaan Media Massa
Peran jebolan DKV juga dibutuhkan di perusahaan media massa. Bahkan ini sih wajib ada menurut saya. Hal ini dikarenakan aspek visual sangatlah penting dalam menunjang informasi yang hendak disampaikan media massa. Jadi, buat kamu anak Desain komunikasi visual, atau Desain grafs tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan menjadi desainer grafis di perusahaan media massa.

Sedikit saran, untuk kalian yang berminat terjun sebagai desainer grafis media massa, pilihlah media massa yang sudah berbasis daring (online). Kenapa?? Kalian tahu sendirilah, seberapa sering orang-orang sekarang menengok gawai mereka (Bahkan hanya untuk sekedar mengecek notifikasi yang sebenarnya tidak ada notifikasi sama sekali di gawai mereka) Hehehe.

Selain tenagamu dibutuhkan, prospek kerja di media massa juga terbilang masih sangat luas. Perusahaan media massa biasanya membutuhkan tenaga lulusan Desain komunikasi visual (DKV) atau desain grafis di beberapa divisi lain. Seperti Fotografer Jurnalistik, Penata Letak (layouter), Ilustrator, sampai pembuat gambar sketsa dan karikatur.

Oh iya, ada catatan penting untuk kamu yang berminat bekerja di media massa, Deadline disini biasanya sangat ketat dan mepet.

  • Freelance Graphic Designer
Freelance graphic designer merupakan pekerjaan lepas yang tidak terikat oleh jam kantor. Freelance graphic designer tentu sangat prospektif, bahkan tak sedikit dari mereka yang lulus dari jurusan desain komunikasi visual lebih memilih sebagai desainer lepas atau freelance designer lantaran jam kerjanya yang fleksibel. Istilah bekennya sih “bisa remote”.

Saat ini, banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa freelance graphic designer untuk proyeknya lantaran pengiritan budget perusahaan. Ketimbang menggunakan jasa perusahaan kreatif, mereka lebih memilih mempekerjakan freelance graphic designer karena lebih murah.

Meski begitu, bukan berarti menjadi freelance designer dibayar rendah. Justru karena dia bergerak secara individu maka bayarannya bisa melebih gaji satu orang designer di perusahaan periklanan. Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin terikat jam kerja, menjadi freelance designer merupakan pekerjaan yang tepat buat kamu.

  • Illustrator hingga Komikus
Kalian pasti tahu ilustrasi karakter Juki dalam komik SI Juki karya Faza Meonk atau Rixa karya komikus Haryadhi, atau bahkan komik strip Tahi lalat.

Tak hanya dalam bentuk buku komik, digitalisasi juga sudah merambah ke industri komik. Terbukti dengan munculnya beberapa situs khusus guna menjadi wadah para ilustrator komikus berbakat. Webtoon dan Ciayo adalah dua situs di antaranya. Di dua situs tersebut, tercatat hampir ratusan komik yang diterbitkan oleh berbagai komikus berbakat di seluruh Indonesia. Belum lagi berbagai macam komik strip yang bertebaran di feed instagram.

Yaps! industri komik lokal sepertinya akan terus bangkit dan sangat prospektif buat kalian menekuni dunia komik digital ini. Semua berkembang dengan karakter masing-masing. Akan tetapi, kamu juga harus bisa membuat cerita menarik jika ingin komikmu sukses nanti.


Nahh, seperti itulah bebeberapa prospek kerja lulusan desain komunikasi visual yang bisa ditekuni oleh kamu. Dunia yang terus berkembang ke arah digital sangat mendukung untuk orang-orang yang selalu berfikir kreatif. Kreatifitas sepertinya belum bisa digantikan oleh mesin. Sehingga peluangmu akan lebih panjang, lebar dan luas lagi.

Semoga Bermanfaat...


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...