Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Pentingnya Logo Untuk Usaha Kecil

 Pentingya Logo Untuk Usaha Kecil - Dkvbanget

Pernah gak sih temen-temen desainer atau kalian anak dkv lihat logo usaha kecil (anggap saja seperti toko online hingga yang berlabel ukm) lalu kalian menyadari bahwa sebagian besar logo tersebut memang nampak dibuat seadanya saja. Atau bahkan usaha kecil tersebut bisa dibilang dijalankan tanpa memiliki sebuah logo??

Pernah saya bertanya ke salah satu teman yang memang kebetulan memiliki sebuah usaha kecil, sebut saja Ukm. Kira-kira macem gini penggalan obrolannya:

Kenapa sih logo usaha lu itu gak dibuat agak serius sedikit?
..
Yaa buat apa waktu gue abis buat mikirin hal kecil kaya gitu, trus buat apa ngeluarin duit lebih kalo yang kaya gini aja udah lumayan berjalan? 
Lagian emang belum gede-gede banget kok usaha gue ini..

Mungkin macam-macam dalih bakal kalian jumpai ketika mendapati percakapan seperti diatas. Memang disayangkan banget sih menurut saya, jika dibandingkan dengan usaha atau bisnis yang sudah besar, usaha kecil hingga menengah justru lebih memerlukan logo perusahaan yang jelas.

Kurang lebih gini nih kenapa logo itu tetap sangat penting buat usaha kecil


  • Mewakili identitas perusahaan kamu
Hanya dengan melihat gambar buah apel tergigit kita tahu kalau itu adalah representasi dari perusahaan Apple. Sebuah logo pada dasarnya adalah kartu identitas bagi perusahaan. Ketika kita hanya menunjukkan logo, maka akan dikenali sebagai perusahaan yang dibawanya. Dalam kegiatan komersial, sebuah logo perusahaan mempunyai peranan untuk mempromosikan usaha dan bisnis.


  • Mengundang pelanggan baru untuk mengenal perusahaan atau brand kamu
Mungkin Anda bertanya-tanya, memangnya apa sih reaksi yang bisa dihasilkan oleh sebuah logo? Toh, setiap hari kita melihat ratusan bahkan ribuan logo perusahaan. Jadi, untuk apa meributkan reaksi yang ditimbulkan logo bagi sebuah bisnis kecil? Eits, jangan salah! Bagi sebuah usaha kecil, logo yang dirancang dengan baik dapat membangun perasaan keterikatan, penghargaan, emosi positif, dan perhitungan rasional hingga akhirnya mengundang audiens untuk berpikir, “Sepertinya, kita perlu mencoba produk yang ditawarkan perusahaan ini”. 


  • Membedakan brand kamu dengan kompetitor
Ini sih yang paling gampang dimengerti menurut saya. Karena setiap logo punya keunikan, filosofi dan karakternya tersendiri. Seperti kita tahu, antara ojek daring yang sama-sama berwarna hijau, namun sebenarnya hijau diantara keduanya adalah berbeda. Hal terpenting adalah bisnis kecil sekalipun jika memiliki logo yang di desain dengan baik akan tampak menonjol bahkan jika dibandingkan dengan kompetitor. 


  • Logo yang baik, bisa membuat orang loyal
Desain logo yang baik bisa memberikan visualisasi untuk usaha yang sedang kamu kembangkan menjadi tervisualkan lebih profesional. Tentunya hal itu akan tertanam dalam benak orang yang melihatnya. Visualisasi yang baik ini, merupakan sebuah kunci untuk menarik perhatian untuk pelanggan baru. Inilah yang bisa memungkinkan si customer kamu tetap loyal.

Yang perlu dipahami buat kamu yang masih menganggap remeh logo adalah desain logo yang baik merupakan elemen penting untuk membangun kesuksesan sebuah usaha. Desain logo dan reputasi baik yang representatif usaha kamu itu sulit untuk ditiru orang.

Jika kamu ingin membuat desain logo untuk usaha kamu terlihat lebih serius dan profesional maka ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan memakai jasa desain profesional yang bisa memberikan logo terbaik untuk usaha kecil yang kamu rintis. Bukan malah berfikir sebaliknya.

Perlu digaris bawahi juga, dalam membuat logo sebenarnya tak sesederhana mengganti baju lama dengan baju baru. Karena mengubah apalagi membuat logo berhubungan langsung dengan identitas perusahaan seluruhnya. Itulah salah satu hal yang bisa menjadikan logo itu bernilai mahal.


Jadi masih mau mikir kalo usaha kecil kamu gak butuh logo?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Logo Untuk Usaha Kecil"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...