Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

DSLR & Mirrorless. Kamu Pilih Mana?

Perkembangan teknologi memang sulit dibendung. Gak terkecuali dalam perkembangan kamera digital yang makin hari makin canggih. Di era kemunculannya, hingga saat zaman saya kuliah jurusan DKV, kamera Digital Single Lens Reflect (DSLR) menjadi idola berkat fitur-fitur yang melengkapinya.
Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, posisi kamera DSLR telah digoyang oleh keberadaan kamera mirrorless.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless terletak pada keberadaan cermin. Di dalam DSLR terdapat sebuah cermin yang memantulkan gambar dari lensa ke arah view finder. Sementara itu, pada kamera mirrorless, cermin tersebut ditiadakan.

Terus mana yang lebih oke antara keduanya?

Berikut beberapa penjelasan untuk pemula yang bisa dijadikan bahan pertimbangan kamu dalam memilih antara keduanya.

Ukuran & Berat 
Secara umum body kamera DSLR relatif lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan mirrorless. Itulah hal pertama yang mudah digambarkan buat pemula. Alasan kenapa body DSLR yang cenderung relatif besar dan berat karena DSLR memiliki ruang untuk cermin dan mekanisme shutter. Sementara kamera mirrorless tidak memiliki cermin dan mekanik shutter, sehingga body kamera mirrorless bisa lebih kecil dari DSLR, dan memiliki konstruksi yang sederhana.

View Finder atau Jendela Bidik 
Setiap kamera DSLR pasti akan punya jendela bidik yang umum disebut dengan Optical View Finder (OVF). Pada kamera mirrorless, fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder (EVF). Jadi segala pengaturan kamera mirrorless akan terlihat pada layar LCD. Untuk pemula hal ini mungkin terkesan sangat praktis, tapi menurut saya hal ini tidak terlihat professional dibandingkan dengan DSLR.

Suara Shutter Mirrorless Lebih Halus 
Cekrekkk, cekrekkk... Kurang lebih kaya gitu bunyi dari suara shutter kamera. Tidak adanya cermin pada mirrorless membuat kamera jenis ini punya kelebihan yang tidak dimiliki DSLR. Saat kamu menekan tombol shutter, maka akan ada pergerakan cermin di dalam badan kamera.

Pergerakan inilah yang menghasilkan suara yang cukup keras didengar orang di sekitarnya. Cekrekkk!

Kelebihannya, mirrorless bisa memotret tanpa suara, karena tidak ada pergerakan cermin di dalam tubuhnya. Kalaupun ada suara, itu akan sangat halus dan tidak berisik ataupun hanya efek yang sengaja dipasang untuk membuat kesan kamu telah mengambil foto.

Baterai Mirrorless Lebih Boros 
Kalau ngelirik kekurangan mirrorless dibanding DLSR, bisa kita temui dalam hal baterai. Dengan body yang besar, DSLR bisa menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar pula. Belum lagi DSLR bisa ditambah dengan aksesoris baterai tambahan. Oleh karena itu, DSLR bisa memotret hingga seharian tanpa harus mengganti baterai. 

Hal itu berbeda pada mirrorless. Desainnya yang ramping otomatis tidak bisa menyimpan baterai berukuran besar sehingga kapasitas baterai mirrorless pun lebih kecil.

Hasilnya, kamera mirrorless tidak bisa digunakan seharian tanpa membawa baterai cadangan.

Pilihan Lensa Mirrorless Belum Sebanyak DSLR 
Tentu saja demikian, karena DSLR jauh lebih dulu ada dibanding mirrorless. Jadi tentu berpengaruh dalam pilihan lensa pendukungnya.

DSLR dalam era ini sudah dilengkapi dengan sederet lensa dari berbagai merek yang muncul. Mulai fish eye, lensa fix, hingga tele ratusan milimeter. Bahkan ada banyak lensa produksi pihak ketiga yang bisa diterapkan pada DSLR merek tertentu.

Beberapa produsen mirrorless saat ini memang sudah mulai banyak memproduksi lensa dengan varian yang berbeda. Namun, tetap belum sebanyak DSLR.

Tetapi tidak menutup kemungkinan jika mirrorless juga akan terus berkembang termasuk dalam pilihan varian lensa dan aksesorisnya. Jadi untuk sekarang ini kamu mesti bersabar dulu.

Kualitas Gambar DSLR vs Mirrorless
Saat ini bisa dikatakan secara kualitas gambar antara kamera DSLR dan Mirrorless adalah seimbang, dalam artian kecuali kita melihat hingga pixel per pixel, perbedaannya sangat tidak signifikan. Kualitas juga ditentukan dari perbedaan kelas masing-masing setiap produsen yaa.

Kesimpulannya… 
Tetap tergantung pada kebutuhan kamu. Kalau kamu mengedepankan kualitas gambar dan kecepatan, misalnya untuk sport, terlepas dari berat body, ada bijaknya memilih DSLR karena sesuai dengan kinerja serta didukung dengan varian lensa yang sudah banyak. DSLR untuk saat ini masih menjadi pilihan terbaik untuk semi-pro dan pro yang akan terus menggeluti dunia fotografi.

Tapi secara umum kamera mirrorless juga sudah memiliki pilihan lensa yang cukup untuk kebanyakan situasi pemotretan, dan kecepatan fokus yang sudah sangat baik. Lebih tepatnya kalau kamu ingin membawa kamera kemana-mana dan tidak ingin terbebani sepanjang jalan. Kamera mirrorless adalah pilihan terbaik untuk pemula antusias yang sedang belajar dan hobi fotografi.

Semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "DSLR & Mirrorless. Kamu Pilih Mana?"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...