Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Tren Desain Grafis 2019


Selamat tahun baru 2019, teman-teman! Semoga akan menjadi tahun yang menyenangkan untuk desainer grafis, demikian harapan saya. Dibangkitkannya kembali tren visual lama, dengan edo tensei, kemunculan teknologi baru, dan berbagai macam pengembangan industri seperti Mobile Apps, Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) tahun sebelumnya, tentu akan mendongkrak kemajuan industri kreatif. Tidak terkecuali desain grafis di dalamnya. Terus meningkatnya inovasi dalam indsutri kreatif seperti inilah yang akan menjadikan desain grafis akan selalu berkembang beriringan.

Desain grafis bisa dibilang satu sisi mata uang di dalam perkembangan inovasi tersebut. Dengan maraknya teknologi yang kian mudah diakses yang telah menjangkau hampir semua kalangan, memaksa desainer grafis untuk menciptakan visual yang menarik. Desainer grafis akhirnya dipaksa untuk mengambil risiko keluar dari zona nyaman, dalam kehidupan dan diurusan desain grafis. Berfikir untuk menciptakan konsep yang berbeda dari sebelumnya, yang mana desain hanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan konsep-konsep monoton dan cenderung membosankan, seperti grafik minimalis dan tipografi yang itu-itu aja. Dalam kasus besar, kita bisa melihat dari berbagai macam terobosan yang dilakukan oleh merek besar seperti Apple, Google, dan raksasa teknologi lainnya yang merangkul tren desain yang berani dan unik. Kita bisa melihat jika perusahaan besarpun menjadikan fungsi desain sebagai bagian utama dari model bisnis mereka.

Bicara tahun 2019 ini, kira-kira apa saja yang bakal menjadi tren dunia grafis yaa? Yuk, simak tren desain grafis 2019 berikut agar kamu tidak out dated a.k.a ketinggalan jaman sebagai desainer grafis.


Warna-warna yang lebih hidup (Bright colours)
Tren warna cerah nampaknya akan lebih bangkit dan bervariatif di tahun ini. Tren visual dengan kombinasi warna yang berani dan cerah tentu akan lebih menarik perhatian. Kesan yang lebih menarik dan lebih menonjolkan brand dengan penggunaan warna-wanra yang cerah dapat memberikan efek terhadap persaingan pasar. Sentuhan warna hidup menjadi lebih populer. Warna-warna cerah termasuk di dalamnya pantone color.  Siapa tahu 2019 ini, warna pink akan menjadi nampak sangat trendi!


Bangkitnya warna gradasi 
Seperti kita ketahui, gradasi merupakan perkembangan warna atau perubahan warna yang terjadi jika dua warna atau lebih digabungkan. Gradasi adalah salah satu hal yang dapat membuat visual semakin menarik. Gradasi warna bisa mengesankan efek kedalaman. Tahun 2019, warna gradasi akan lebih hidup dan semarak lagi. Pemilihan kombinasi warna gradasi yang cerah akan membuat warna-warna seperti ini terlihat lebih menarik jika diterapkan dalam suatu produk.
Ditambah lagi, tren warna gradasi seperti ini juga mulai dimunculkan pada beberapa vendor smartphone di penghujung tahun 2018. Sangat menarik bukan? Perubahan dan perkembangan tren gradasi layak kita nantikan pada tahun 2019 ini.


Warna minimalis
Kamu perlu tahu sebelumnya dengan makna minimalis sebenarnya buat nerapin konsep seperti ini.  Sesuatu yang sederhana namun masih terlihat elegan. Kurang lebih singkatnya sih kayak gitu. Misalnya dominan putih dengan hitam, kedua warna ini masuk ke dalam kelompok warna minimalis. Penggunaan dominan kedua warna tersebut dengan kata lain, hal ini untuk mengurangi desain yang rumit dan mengubahnya menjadi desain lebih simpel.


Skema gelap & terang
    Skema ini banyak digemari juga oleh perusahaan teknologi besar. Dengan menggunakan kontras skema warna terang dan gelap dalam merek mereka. Tren itu menyebar luas pada para desainer, dengan banyak menciptakan beberapa versi desain mereka dengan menambahkan unsur gelap dan terang. Tujuannya sangat jelas, untuk menghidupkan point of view yang ingin ditonjolkan. Sehingga keterbacaan pesan lebih sangat jelas.


    Perpaduan ilustrasi (Sliced images)

    Perpaduan ini bisa saja tercipta dari penolakan bentuk fotografi yang terkesan biasa-biasa saja. Untuk menghindari kesan yang terasa membosankan. Jadi seorang desainer mencoba untuk melakukan gaya abstrak ini. Terlihat unik dan terlihat lebih menyenangkan bukan? Gaya perpaduan ini, bila diterapkan pada konsep yang tepat dapat membuat komposisi yang keren dan menyenangkan dan menghadirkan gambar yang tidak membosankan. Kamu juga pasti bisa! Hehehe


    Ilustrasi stroke

    Ilustrasi dengan stroke atau garis tepi yang tebal merupakan upaya untuk membuat karakter desain lebih menonjol. Tentu saja akan terlihat lebih menarik dengan bentuk visual demikian. Salah satu dari percobaan pengembangan karakter flat desain ini akan menjadi trend di tahun-tahun yang akan datang. Berbagai macam ilustrasi serta  ikon-ikon dengan stroke tebal layak kita nantikan perkembangannya di tahun ini.


    Ilustrasi minimalis
    Gaya ilustrasi dengan penyederhanaan karakter bisa menjadi tren di tahun ini. Seperti misalnya karakter dengan tanpa wajah, penyederhanaan proporsi tangan, bentuk daun dsb. Bukan tanpa alasan gaya yang demikian akan sangat trendy. Berpegang pada kondisi saat sekarang, eranya dimana desain digital itu bersifat simple namun tetap menarik.


    Ilustrasi flat dengan bagian tubuh besar (Big limbs illustration)
    Ilustrasi unik seperti ini akan terlihat lebih menonjol, menurut saya. Pengembangan dari flat desain bisa menciptakan gaya non proporsional seperti demikian yang bisa dimungkinkan akan menjadi tren baru di tahun ini. Saya menyebutnya sih big limbs illustration. Atau mungkin kamu punya istilah lain buat penamaan gaya seperti ini? Sebuah ide segar untuk memunculkan terobosan baru dari flat design. Itulah mengapa gaya seperti ini akan terus subur dan menjadi tren di tahun ini dan yang akan datang.


    Tipografi sebagai titik fokus
    Penggunaan tipografi dengan karakter tebal yang terinspirasi dari keluarga sans serifs mengesankan kekuatan, inovasi, dan individualitas, namun tetap terlihat elegan. Ditambah lagi font-font seperti ini memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dan jelas. Beberapa vendor smartphone juga sudah memulainya untuk diterapakan pada perangkat seluler.

    Nahh gimana menurut kamu tentang tren desain grafis 2019 ini? apakah ada yang kamu suka? Intinya elemen desain akan jauh lebih menarik selama masih terus mengedepankan orisinalitas, baik itu menggunakan gaya lama atau baru.

    Postingan terkait:

    Belum ada tanggapan untuk "Tren Desain Grafis 2019"

    Post a Comment

    Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

    Random Posts

    Sedang Memuat...