Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Mengapa Logo Begitu Penting?


Sebelum memulai sebuah usaha atau menciptakan sebuah brand, menciptakan logo merupakan hal yang penting karena logo dapat menjadi pembeda dengan brand lain. Kalian pasti sering mengamati dari setiap produk yang kalian jumpai di mana saja, tiba-tiba kepikiran "ini kok logonya kayak gini?", atau "apa ya dibalik maknanya logo ini?"
Kayak layaknya sidik jari, semua orang memiliki sidik jari, tapi tidak ada sidik jari yang sama meskipun di antara saudara kembar. Sidik jari tersebut memberikan keunikan bagi dirimu, menandakan kamu berbeda dengan yang lain. Kurang lebih kayak gitulah fungsi logo.

Kamu juga bisa membaca postingan perbedaan logo dan brand di sini

Postingan kali ini akan mengulas sedikit mengapa logo begitu penting dalam sebuah produk atau brand

Logo penting karena:
  • Mewakili identitas brand kamu
  • Mengundang pelanggan baru untuk mengenal brand kamu
  • Membedakan brand kamu dengan kompetitor
  • Logo yang bagus akan membuat orang loyal
  • Logo bisa ditempatkan dimana saja
Tips membuat logo
  • Kesederhanaan
Unsur pertama dari sebuah logo yang sukses adalah kesederhanaan. Kesederhanaan baru yang kamu temukan akan membuat logo lebih mudah untuk dilihat, dan hal ini tentu saja akan diapresiasikan oleh pelanggan atau user kamu.

  • Gampang diingat (Memorability)
Makna gampang diingat adalah sebuah kualitas yang membuat logo kamu buat tersebut mudah diingat oleh pelanggan atau user. Hal ini akan mengarahkan pelanggan untuk menyebarkan brand kamu secara berulang-ulang dari mulut ke mulut. Beri sedikit sesuatu yang berbeda atau tidak terduga dalam logo kamu, untuk membuatnya menonjol. Bahkan guru saya pernah mengatakan, jika logo yang berhasil dan baik adalah logo yang bisa diingat orang lain walau hanya dengan memandang pertama kalinya dalam waktu 3 detik saja. Begitu krusialnya sebuah makna memorability menurut saya.

  • Remarkability
Remarkability dari sebuah logo adalah sesuatu yang membuatnya layak dikomentari. Logo yang menarik tentu akan membuat orang lain akan berkomentar karena berkesan.

  • Tes Pasar
Setelah membuat logo, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk tes ke target pasar dari brand yang dibangun dan dengarkan pendapat mereka. Jangan-jangan pesan dari makna logo yang ingin kamu sampaikan ke mereka belum terlihat nyata atau belum jelas.

Itulah beberapa hal yang menjadikan logo begitu penting. Tips membuat logo tersebut tentu akan lebih cepat optimal apabila langsung kamu praktikkan.

Buat teman-teman yang lagi ngembangin brand atau mau majuin olshopnya, apa masih mau desain logo asal cepat atau bahkan gratisan?huhuu. Coba dulu aja japri apa DM saya, siapa tau kita bisa menjalin hubungan..ehe

Semoga bermanfaat

A logo doesn`t sell (directly) it identifies - Paul Rand (Desainer logo Adobe, IBM, IKEA, VW)

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengapa Logo Begitu Penting?"

  1. Logo yaaa kayaknya tidak semua brang atau produk doank ya.. content creator pun butuh logo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Kayak dalam posting sebelumnya, "Branding utk desainer". Mungkin bisa dilanjut lagi kunjungannya.

      Terima kasih udh mampir :)

      Delete

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...