Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Destinasi Menarik Insan Kreatif. Kecantikan Surga di Waduk Malahayu


Terbesit ketika kita mendengar kata surga. Sebuah gambaran yang indah dan menyenangkan di benak saya dan semua orang. Tempat tiada duanya yang siap untuk memanjakan mata dengan segala keindahannya, kicauan suara alam yang selaras, aroma penuh damai, kaki yang tak kenal lelah untuk menjelajah setiap sudutnya, serta tangan yang selalu cekatan menghentak kameranya untuk mengabadikan setiap momen yang dilewati. Kurang lebih begitulah gambaran liburan ala insan kreatif pada umumnya. Disinilah kita bisa menikmati surga. Waduk Malahayu Banjarharjo, tempat rekreasi dan edukasi yang berlokasi di Daerah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Mungkin masih banyak dari teman-teman yang belum pernah mendengar atau bahkan kurang tahu apa dan dimana itu Waduk Malahayu. Melalui momen baik seperti ini, saya akan menguraikan terlebih dahulu mengenai Waduk Malahayu agar kalian mendapatkan gambaran mengenai postingan yang saya tulis kali ini.

Perjalanan
Menilik dari namanya saja mungkin teman-teman sudah bisa mulai menebak. Waduk yang berartian bendungan, sedangkan Malahayu merupakan nama dari salah satu desa di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Waduk Malahayu merupakan waduk terbesar yang berada di wilayah Kabupaten Brebes. Dibuat pada masa kolonial belanda, sekitar tahun 1934-1937 dan diresmikan pada tahun 1938 menjadikan Waduk Malahayu sebagai destinasi tertua di Kabupaten Brebes.
Sebagai gambaraan awal untuk teman-teman pelaku industri kreatif, lokasi rekreasi dan edupark Waduk Malahayu memiliki beberapa spot yang bagus untuk kalian yang membutuhkan panorama outdoor. Untuk sekedar hunting foto, mulai dari foto pranikah, hingga konsep video film pendek dengan latar ala jepang ataupun korea bisa dilakukan disini. Potensi yang sangat menarik bukan?

Waduk ini pada intinya tetaplah seperti sebuah waduk pada umumnya, yang masih difungsikan sebagai sarana pengairan lahan pertanian, dan juga sebagai pengendali banjir di sekitar wilayah tersebut. Karena kecantikannyalah menjadikan waduk malahayu dilirik oleh masyarakat luas sebagai destinasi untuk rekreasi. Percayalah, jika tempat ini memiliki kecantikan yang membuat kita terbebas dari hiruk pikuk suasana perkotaan, di tengah sensasi keelokan lokal yang hijau dan menenangkan. Karena hal itulah lokasi ini layak dijadikan sasaran trip favorit untuk fotografer, videografer dan insan kreatif lainnya yang sedang mencari spot terbaik di Jawa Tengah, bahkan Nusantara.

Berangkat dari Kota Tegal dengan mengendarai sepeda motor, hanya memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di edupark Waduk Malahayu. Memang dengan mengendarai kendaraan pribadi lebih disarankan menuju lokasi edupark ini. Teman-teman bisa menggunakan sepeda motor seperti saya, ataupun dengan mobil pribadi masing-masing. Untuk wisatawan luar kota, petunjuk arah jalan menuju lokasi edupark ini cukup jelas untuk membuat orang tidak tersesat saat menuju lokasi. Seperti saya juga yang masih menggunakan layanan peta google, berhasil tiba di lokasi tanpa harus muter-muter ataupun fatalnya salah jalan.

"Tapi bagaimana jika kita terpaksa harus menggunakan transportasi umum?"

Teman-teman bisa saja menggunakan aternatif bus umum atau transportasi umum lainnya. Bukan masalah besar menurut saya, karena kalian bisa berhenti di Desa Banjarharjo. Setelah itu meneruskan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Desa Malahayu lokasi rekreasi dan edupark Waduk Malahayu Banjarharjo.

Dalam perjalanannya, saya dapat melihat pemandangan-pemandangan hijau yang terhampar saat menuju lokasi. Itulah kenapa saya lebih menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Selain bisa leluasa mengontrol laju kendaraan, teman-teman yang hobi memotret juga bisa berhenti sejenak untuk mengambil gambar. Cukup banyak spot menarik dalam perjalanan yang bisa teman-teman dokumentasikan. Mulailah menyiapkan perangkat andalan untuk merekam atau mengambil foto ketika menuju selatan dari Desa Banjarharo. Tapi tetap harus hati-hati untuk mengutamakan keselamatan dan menghormati pengendara lain yang melintas yaa!

Tips: Perjalanan dari Kota Tegal sekitar 2 jam. Saran saya adalah untuk menggunakan kendaraan pribadi pada pagi hari. Selain sinar matahari yang belum terlalu menyengat, pemandangan di sekitar perjalanan sangat mempesona dengan aroma kealamiannya. Berhentilah di beberapa spot dengan aman yang menurut teman-teman anggap bagus untuk mengambil gambar. Jika kalian menggunakan DSLR, pilihan lensa wide, fix ataupun kit standar saya rasa cukup.

Sisi Lain 
Seperti layaknya tempat wisata lainnya, hal menarik seputar mitos juga santer terbisik terkait dengan Waduk Malahayu. Seperti yang tercatat dalam wikipedia, bahwa pasangan pengantin baru yang mengunjungi lokasi ini wajib membasuh muka menggunakan air dari waduk. Sebagian masyarakat meyakini dengan melakukan hal tersebut, dapat membuat hubungan pasangan menjadi langgeng dalam menjalani kehidupan berumah tangga.
Jika teman-teman beruntung, akan mendapati hal menarik ketika berkunjung ke edupark ini. Terkadang ada saja pengantin yang masih lengkap mengenakan pakaian dan gaun pengantin, serta para pengiring pengantin datang ke lokasi ini. Tentu akan menambah momen menarik untuk kita dokumentasikan ataupun sekedar update story instagram bukan?

Landmark
Berbicara mengenai instagram, berkaitan erat dengan media sosial tentunya. Pada lokasi rekreasi dan edupark Waduk Malahayu juga terdapat landmark menarik lainnya. Tentunya, "Ngehits & instagramable banget" istilah kalimat kalangan millenials untuk menggambarkan spot yang bagus untuk berfoto. Teman-teman bisa berkunjung ke berbagai landmark menarik ini sebelum menginjakkan kaki melihat keelokan waduk. 
Kampung Pelangi, Bukit Cinta, Situs Benteng Dinamit, Taman Sejuta Bunga, hingga Curug Pelangi merupakan bentuk wajah baru dari hasil peremajaan kawasan rekreasi dan edupark Waduk Malahayu. Sebuah inovasi yang sangat kreatif di tengah kawasan Jawa Tengah untuk terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada. Bukan hal yang tidak mungkin jika edupark Waduk Malahayu menjadi sangat "family friendly". Hal ini sejalan dengan dilakukannya inovasi-inovasi untuk terus mengembangkan potensi kawasan sekitar Waduk Malahayu tersebut. Tidak perlu repot dan bersusah payah lagi untuk membawa buah hati berwisata, karena memang edupark Waduk Malahayu dapat mengisi semua kalangan usia. Menikmati berbagai landmark Kabupaten Brebes yang jauh akan polusi menjadi sangat hangat menjalani aktifitas bersama keluarga. 

Tidak ketinggalan untuk insan kreatif, pecinta foto, aktifis perfilman juga tak akan salah jika mencoba trip baru untuk sekedar menambah koleksi portofolio karya. Menurut saya, inovasi dari pengembangan landmark edupark Waduk Malahayu tak kalah menarik dibandingkan dengan berbagai daerah lainnya. Sangat rekomendasi untuk teman-teman di kawasan sekitar Kabupaten Brebes ini untuk memulai aksinya, mencoba mengambil dan merekam panorama di kawasan Waduk Malahayu. Hampir tiap sudutnya bisa dijadikan spot untuk mengambil gambar. Teman-teman bisa memaksimalkan hobi sekaligus menyegarkan otak di lokasi ini.

Gambar oleh #kampungpelangimalahayu

Gambar oleh seputar_brebes

Sambil mengambil gambar, sambil berkenalan dengan budaya masyarakat setempat di tengah kawasan yang syahdu akan keindahan alamnya. Saat teman-teman berkeliling ke Kampung Pelangi, akan sigap masyarakat yang menyapa sambil melebarkan senyumnya. Keindahan alam yang disertai hangatnya sambutan dari masayrakat sekitar menjadi sangat menyenangkan ketika menikmati arsitektur-arsitektur unik dengan warna-warni menyelimutinya.

Gambar oleh dameera_art
Tips: Setiap lokasi memiliki harga tiket masing-masing. Penggunaan DSLR dengan lensa lebar akan menambah hasil foto lebih menarik. Kewaspadaan terhadap kamera agar ditingkatkan jika hendak memotret dari becak kapal, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak terlalu memaksakan. Eksplorasi pengambilan gambar dari berbagai sudut sangat dianjurkan. Penggunaan kamera pesawat tanpa awak dalam perekaman video dapat meningkatkan estetika sinematografi.

Cantiknya Surga Waduk Malahayu
Ketika seluruh indera merasa dipuaskan untuk mengeksplor kecantikan surga, akan selalu terngiang di isi kepala kita. Hawa sejuknya, ketenangan dan kelembutannya mampu memberi rasa tersendiri ketika sudah mencapainya. Cantiknya Waduk Malahayu, didapat dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.4.000,-. Nominal yang tidak seberapa untuk menikmati sapaan lembutnya. Untuk menemukannya, teman-teman harus menaiki anak tangga yang cukup menguras energi. Tapi jika kalian teliti, disini juga bisa didapati spot yang bagus untuk mengambil gambar. Setelah anak tangga selesai didaki, barulah hamparan luas dari nuansa biru dan hijau terpampang jelas. Waduk Malahayu dengan segala kecantikannya.


Bagi saya, melakukan perjalanan di kawasan Waduk Malahayu seperti terbius oleh dunia yang damai. Karena alam yang ditampakkannya bisa membius otak dan sangat memanjakan mata. Sejauh memandang, dominan nuansa biru dan hijau sangat menegaskan kecantikannya. Ketika sampai di puncak ini, teman-teman bisa segera mengeksplor setiap sudut agar hasil gambar maksimal didapat. Jika kalian sampai pada pagi hari ketika kondisi cerah, akan didapatkan hasil keelokan yang maksimal dari Waduk Malahayu. Dengan menggunakan lensa lebar untuk memotret panorama akan menambah nilai estetis. Pengambilan video akan sangat lebih menarik ketika diambil dari sudut mata elang. Menggunakan kamera pesawat tanpa awak bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan nilai estetis. 


Inilah keunikan dari tempat rekreasi dan edupark Waduk Malahayu. Antara sisi hijau lebat yang menyegarkan, diiringi dengan nuansa ketenangan sisi biru yang membius. Berbagai sudutnya memang menjanjikan banyak wajah penuh kecantikan yang bisa mempesona siapa saja. Melihat padang rerumputan seperti ini rasa-rasanya ingin sekali berguling leluasa sambil menyisir rumput di sekitarnya. Namun imajinasi itu rasanya terlalu kekanakkan. Hembusan angin yang silir menerpa, seraya bergumam dalam hati semoga Tuhan mampu menjaga keasriannya, terutama dari tangan jahil para manusia yang tidak bertanggung jawab.


Jadi, apakah teman-teman tidak mau merasakannya juga?Menyaksikan keindahan surga Malahayu. Kalau kali ini hanya melihat dan membaca dari gambar dan tulisan, maka besok kalian pasti akan bergantian memotret sendiri keindahannya dan lihai menceritakan keelokannya ke orang lain. Hunting foto, menyalurkan hobi, diiringi dengan pesona pemandangan yang menyejukkan, pasti jauh lebih seru.

Selamat liburan dan berkarya di lokasi rekreasi dan edupark Waduk Malahayu.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Liburan Seru Malahayu" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes

#edupark #brebessejenkaroliyane

Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "Destinasi Menarik Insan Kreatif. Kecantikan Surga di Waduk Malahayu"

  1. Replies
    1. wah terima kasih anoname. Semoga bermanfaat yaa๐Ÿ™‚

      Delete
  2. Sukaaa... Sukaaa...jd pengin nikmatin panoramany..๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, terjangkau juga kok. ga nyesel deh๐Ÿ˜‰

      Delete
  3. boleh lah, nice place, apalagi klo beneran ada landmark berwarna biru itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice banget dong kak. jgn lupa siapin kamera biar ig story makin kece๐Ÿ˜

      Delete
  4. Asik kali yah kalo sepeda an ke sana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh siap! saya siap saya siap๐Ÿ˜€ DM aja di profil ig saya kak.

      Delete
  5. Rekomendasi wisata jateng ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  6. Gowes mana kayane enak min ๐Ÿšฒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..siap masuk garasi dulu sepeda. biar oke pas nanjak๐Ÿšฒ

      Delete
  7. Replies
    1. iya skrg udh makin kece. kekinian bgt kak๐Ÿ˜Š

      Delete
  8. Tujuan piknik yang joss, penghilang pucet kurang piknik ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh bener bgt nih. terjangkau bgt gan๐Ÿ˜€

      Delete
  9. Wiih skrng udah mulai Bagus yaa.. Mbiyen pertama kali ku ke sana jelek e masyaaallaah...... Nyesel jg pernah kesana dulu.. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg udh berbenah.good, instgramable bgt ๐Ÿ˜Š

      Delete
  10. Aku dulu pernah kesitu dia, tp sayang skrg udh ga sama dia lg. Berharap sih bisa foto preweed disitu, place for recommended aku sayang dia aku sayang tempat ini. Terimakasih allah terimakasih tegal terimakasih alam indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malahayu aja udah move on, kamu pasti bisa kak :D

      Delete
  11. Mantul mas, ajakin sepedaan kesitu mas ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
  12. rekomendasi liburan mantep Gan

    ReplyDelete

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...