Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Manfaat Pinterest Untuk Desainer


Apakah kamu masih menggunakan google image untuk mencari referensi desain? Memang tidak salah juga sih, tapi apakah kamu sudah mencoba menggunakan Pinterest? Yuk coba deh tengok aplikasi atau situs yang satu ini. Menurut saya, akan merugi kalau kita sebagai desainer tidak ikutan berpinterest ria. Bahkan teman-teman saya yang bukan dari kalangan desainer juga sudah sangat expert memanfaatkan situs penyedia milyaran konten visual semacam ini lho. Ya walaupun kebanyakan mereka sekedar mencari referensi hijab atau make-up mereka sih (untuk perempuan).


Memang ada beberapa alasan mengapa pinterest menjadi populer. Bahkan di kalangan umum. Pertama, pada dasarnya manusia adalah makhluk visual, dengan gambar atau video, pesan atau cerita di dalamnya bisa disampaikan dengan mudah tanpa terbentur perbedaan bahasa. Dengan tampilan yang simpel sekaligus interaktif, para user pun dibuat lebih nyaman. Belum lagi karakteristik pinterest yang fleksibel dan kini sudah terdapat apps-nya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang dari beragam profesi dan tujuan penggunaan.

Lalu, apa manfaatnya menggunakan pinterest buat kita sebagai desainer? Kan di google juga banyak referensi visual. Simak manfaatnya berikut ini:

Paling utama adalah untuk Referensi
Sebagai desainer, penting sekali untuk terus mengetahui produk dan desain apa yang sedang menjadi trend dan berkembang di pasaran. Lebihnya dibandingkan kamu mencari di google image adalah di pinterest, informasi apa yang sedang menjadi trend dan berkembang tersedia bagi kamu dan tetap gratis lho! Pinterest bisa saja diibaratkan sebagai 'perpustakaan' pribadi kamu yang bisa ditentukan sendiri isinya sesuai selera kamu. Asyik, bukan?

Mendapatkan Inspirasi
Sebagai orang yang dituntut untuk selalu kreatif, saya, kamu dan juga mereka, terkadang membutuhkan asupan inspirasi baru. Nah, dengan menjelajahi pinterest, kamu bisa saja mengumpulkan gambar, palet warna, materi, atau kombinasi dari semuanya untuk diaplikasikan pada karya kamu nantinya. Saat kamu sedang butuh sebuah inovasi baru dalam desain, tidak ada salahnya sih untuk sekali-kali mengintip pinterest ini. Hal seperti ini yang mungkin membuat di kalangan yang bukan desainer pun menyukai pinterest. Inspirasi yang diperoleh biasanya memang lebih akurat ditambah dengan bentuk visual yang ciamik yang dipajangnya. Kamu bisa membuat board sendiri dan mengisi sesuai dengan yang menurutmu menginspirasi. Menurut saya sih ini, simpel.

Menyusun Mood Board
Kalau kamu belum mengerti apa itu mood board, ada baiknya baca terlebih dahulu pada artikel sebelumnya mengenai apa itu mood board referensi. Ketika kita sudah dihadapkan dengan klien yang memberikan project desain yang membutuhkan 'style' tertentu yang mungkin belum pernah kamu kenali. Mood board adalah kuncinya. Dengan menyusun mood board, kita dapat menampung ide-ide untuk dipresentasikan kepada klien. Namun dari mana bahan-bahan untuk menyusun mood board tersebut? Tentunya dari pinterest kamu bisa dapatkan cukup banyak dan luas dari berbagai macam style desain. Seperti pencahayaan, warna, komposisi, teknik fotografi, grafis, atau konten dalam sebuah board. Sehingga kamu bisa menghasilkan desain yang lebih baik untuk memenuhi permintaan klien.

Portofolio Karya
Setelah kamu mendapatkan inspirasi dari orang lain yang juga pengguna pinterest, sekarang giliran kamu untuk menunjukkan karya kamu pada orang lain. Ya itung-itung nambah pahala dengan membagikan kebaikan buat orang lain yang membutuhkan, siapa tahu kan yaa. Jadi kamu bisa memanfaatkan pinterest sebagai portofolio pribadi kamu. Dengan mengisi board melalui karya-karya kamu sehingga menginspirasi banyak orang. Menurut saya ini sangat praktis, unik, menyenangkan, dan tidak pernah terputus.

Sepertinya, banyak hal yang bisa kamu lakukan lewat pinterest, seperti menyalurkan hobi, referensi make-up, referensi hijab, berbagi pengetahuan, mempersiapkan project mendatang, dan peluang lainnya. Karena selain untuk digunakan sebagai sumber inspirasi, pinterest juga piawai melaksanakan tugas lainnya, seperti melakukan proses jual-beli, belajar-mengajar, atau sekedar memperluas proses pemasaran.

Semoga Bermanfaat


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Pinterest Untuk Desainer"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...