Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Flat Design. Tren Desain Grafis Kekinian!


Menilik perkembangan flat design belakangan ini memang masih gencar diterapkan ke berbagai karya visual para desainer. Flat design diterapakan dengan mengurangi penggunaan efek-efek yang memberikan kesan realis atau menjadi hidup, seperti drop-shadow, gradient effect, serta yang paling utama adalah dengan memfokuskan elemennya yang sangat simpel dan sederhana. Style ini sangat sesuai buat para teman-teman desainer yang menyukai kesan clean & minimalism dalam desainnya.

Menurut berbagai artikel online lainnya, flat design juga dikatakan memfokuskan pada tampilan bentuk flat yang simple dengan perpaduan warna yang tetap nyaman untuk divisualkan. Dengan menggunakan warna-warna yang dinamis untuk meningkatkan visualisasinya, flat desain terlebih menitik beratkan pada kesan kontras warna dan energi positif dari warna-warni yang ditimbulkannya.

Minimalisme
Flat design sangat mengutamakan kesederhanaan. Namun perlu diperhatikan, karena memiliki gaya yang flat, bukan berarti gaya desain seperti ini cenderung membosankan ya, sob. Kesan cerah dari berbagai warna kontras yang simpel tetap dapat menarik perhatian mata untuk para user. Hal ini menjadikan fungsi dari nilai minimalis berpengaruh besar terjadap karakter flat design.

Warna yang Dinamis
Untuk meningkatkan bentuk visualnya, flat design menerapkan penggunaan warna-warni dinamis yang tetap memadukan kesan simpel. Penggunaan warna-warni yang cerah dan kontras, seperti kita tahu pada awal kemunculan windows 8 dari Microsoft. Perubahan gaya yang menjadikan flat design pada windows 8 justru sangat membuat user antusias. Hal ini mungkin dapat membuktikan bahwa penggunaan warna-warna yang cerah, dapat menimbulkan energi efek yang menarik.

Tipografi yang Simpel
Jenis font yang digunakan pada umumnya adalah sans-serif. Tren flat design membuat jenis font yang memiliki karakter ramping, dan simple cenderung lebih diterapkan untuk membangun kesan flat design yang clean atau rapi.

Seperti kita tahu, flat design muncul sebagai perbandingan terbalik dari gaya desain skeuomorphic. Gaya desain yang mengedepankan meniru bentuk-bentuk yang realistik. Gaya desain skeuomorphic tentu banyak menggunakan berbagai macam efek untuk menghasilkan kesan realis. Maka dari hal tersebut, flat design muncul sebagai titik pembeda dari skeuomorfisme tersebut.




Flat design menurut saya memang cocok dengan perkembangan teknologi yang sekarang. Hal tersebut terbukti dengan penerapan berbagai macam interface startup mobile maupun desktop sekalipun, yang menurut saya lebih efisien. Bahkan raksasa mesin pencari google menerapkan gaya desain jenis ini ke dalam logonya. Namun dibalik kesederhanaan style tersebut, flat design dalam beberapa interface startup, dirasa masih memiliki sedikit kelemahan pada fungsi tombol yang sedikit kabur. Karena bentuk elemen visual biasa dengan elemen visual tombol (click-able) yang mungkin bagi sebagian orang masih menjadikan kebingungan.

Kesan clean dan simplicity dalam flat design yang tidak banyak memerlukan detail membuat nilai warna dan tipografi menjadi semakin luas. Pemberian warna terhadap elemen visualnya, serta penempatan dan pemilihan tipografi menjadikan fokus utama pada tata letak atau lay out yang lebih baik dengan tingkat keterbacaan yang maksimal. Sehingga user merasa mudah dalam membaca dan memahami.

Entah akan sejauh mana tren flat design bertahan. Sepanjang awal tahun 2018 ini, memang masih banyak didapati penerapannya. Mulai dari visual statis maupun dinamis. Mulai dari desain poster hingga berbagai macam video motion sekalipun. Sebuah revolusi dalam dunia desain yang mengimplementasikan dari gaya hidup masyarakat era saat ini yang lebih menyukai segala sesuatunya lebih cepat, simpel dan efisien. Flat design mampu mengimbangi dari tantangan masyarakat luas saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan, perubahan pola masyarakat yang terus berubah malah justru akan memunculkan tren gaya desain yang lain. Entah itu baru ataupun mengadaptasi dari yang sudah ada, yang tentunya penggunaannya akan selalu sesuai dengan prinsip desain, form follow function.

Semoga Bermanfaat

"The fate of a designer is not determined by the public system, but by the way he sees his own life" 

- Surianto Rustan - 



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Flat Design. Tren Desain Grafis Kekinian!"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...