Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Serunya Berkunjung Ke Pameran Desain Di Kampus Tetangga!


Hello sob, setelah kamu membaca postingan saya sebelumnya mengenai manfaat pameran desain, sebagai anak DKV yang berbudi luhur, pastinya mata batin kamu sudah mulai terbuka mengenai pameran desain. Paling minim kamu sudah mendapat sedikit pencerahan akan manfaatnya. Atau malah sudah memulai persiapan untuk join pameran desain bersama teman-teman, atau mungkin bahkan sedang merencanakan pameran tunggal?? Selamat dan tetep semangart pastinya sob! Terus mantapkan niat dan usaha semua planning kamu yaa.
Sebagai anak DKV yang cinta kost dan deadline tugas, tentunya jangan sampai terlewatkan untuk menyempatkan diri berkunjung ke event pameran. Sudah berapa kalikah kamu datang ke pameran desain? Karena memang banyak manfaat, keseruan dan pastinya bisa menambah inspirasi dan motivasi buat karya-karya kamu berikutnya.

Nah, Kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman pekan kemarin saat mendatangi sebuah event pameran tugas akhir teman-teman desainer dari Kampus tetangga (sebelah kos). Yaa, walaupun kelasnya hanya pameran tugas akhir desain, tapi menurut saya, pengalaman dan manfaatnya sama seperti saya mendatangi ke event pameran-pameran desain internasional lainnya. Padahal belum pernah datang ke event pameran internasional. Banyak teman-teman designer yang sangat inspiratif  dan kreatif melalui karya yang diikutsertakan dalam pameran kali ini.

Pada saat awal pertama memasuki ruang pamer memang terkesan biasa saja, karena tidak ada suguhan ataupun hidangan sajiannya. Padahal saya sudah setting kosong perut saya dari kemarin. Hehehe. Tapi begitu saya masuk ke dalam ruangan, keseruan yang saya harapkan akahirnya muncul. Banyak teman-teman mahasiswa umum (diluar mahasiswa desain) yang juga antusias masuk ke dalam ruang pamer ini. Banyak dari mereka yang tertarik, termasuk saya. Saya tertarik dengan ide dan karya inovatif yang disuguhkan teman-teman desainer kampus ini. 

Jelas! Aura suka, tercerminkan dari mata yang berkaca kaca karena menahan tangis bahagia, yang sebentar lagi akan lulus dari kampus. Semua itu terlihat jelas di wajah mereka yang mulai nampak bersinar. Hehehe. Dengan semangat membara, teman-teman designer menjelaskan ide, konsep dan fungsi serta manfaat dari karya yang mereka ikut sertakan  di pameran ini kepada para audience yang hadir.


Ramai, dan penuh pengunjung mejadikan teman-teman sedikit kewalahan untuk menjelaskan kosep-konsep karya mereka. Ditambah dengan ruangan yang belum sebanding untuk event pameran dengan jumlah peserta yang mengikuti, sedikit menghambat untuk saya menangkap dengan jelas penjelasan dari teman-teman designer disini. Atau mungkin juga dikarenakan saya memang tidak konsen karena tidak ada hidangan opening pamerannya. Hehehe  


Tapi memang tetap seru, juga banyak kritik dan saran dari para audience yang datang untuk peserta pameran ini. Hal semacam ini tentu sangat menjadi wajar, dan sebagai designer akan merasa dianggap begitu penting sebuah bentuk apresiasi terhadap karyanya. Berjalan dari satu stand ke stand lain di sebelahnya, dengan mengamati secara seksama detail konsep & bentuk karya, dalam hati padahal sambil mencari-cari sticker gratis. Untuk pamer, sebagai bukti ke teman kalau habis datang ke pameran. Hehehe



“Pameran kayak gini ini sangat menarik buat gue bro! sebagai mahasiswa dari jurusan lain yang gak tau menau banyak mengenai desain, gue jadi mulai berpikir kalo desain itu juga penting buat kehidupan. Belom lagi kreativitas dan inovasi temen-temen yang ngikutin pameran ini udah T-O-P Banget deh, 5 Jempoll dari gue. Oh yaa sering-sering yaa diadain pameran desain kayak gini !”. 
Seruan suara salah satu mahasiswa di luar jurusan desain yang datang ke pameran ini.

Oh yaa, memang biasanya jika di pameran desain itu, temen-temen designer umumnya sering membagi-bagikan sticker ataupun kartu nama. Gratiss loh! Jadi kalau saja mereka memberikan atau menyediakan, yaa sebaiknya kamu ambil saja sob. Hal seperti ini sangat jelas tujuannya, yakni untuk mempromosikan karya dan nama mereka ya sob. Bukan hanya sekedar untuk gaya-gayaan saja, karena momen seperti ini sangat cocok untuk mereka mempromosikan diri mereka. Bagaimanapun tujuan pameran pada intinya yakni bisa menjual konsep hingga produk karya yang mereka suguhkan, sampai mengenalkan diri sebagai designer hingga akhirnya nama mereka bisa benar-benar besar. Salah satu cara diantaranya bisa dilakukan melalui cara alternatif seperti ini sob. Yes! Menjadi designer emang tidak harus idealis banget sih ya, designer juga manusia biasa, yang tetap butuh makan.

Maka daripada itu, dengan saya datang ke pameran-pameran seperti ini, saya juga berterimakasih karena selalu mendapet gebetan teman baru, untuk saling share ataupun sekedar membicarakan komunitas desain diluar sana.

Jelass! semakin menambah pengalaman, plus bisa meningkatkan softskill melalui kunjungan, mengapresiasi event semacem ini yaa sob. Karena sebagai designer, kita juga harus tahu apa pemikiran kita bisa menciptakan ataupun paling tidak bisa sedikit mengenai untuk menjadi problem solving dari keresahan yang diangkat dari penciptaan sebuah karya. Yahh sok iye! ngelantur nih ngomongnya. Ngoehehe.


Jadi menurut saya, tidak akan menyesal jika kamu datang ke Pameran sob! Kegiatan ini sangat positif dan merupakan hal yang bagus. Bukan hanya sekedar menghabiskan waktu kosong saja, bertemu sampai berinteraksi bersama teman-teman designer dari berbagai genre, hingga khalayak umum lainnya bisa menambah wawasan dengan dunia desain di luar sana. Memang, sebaiknya setiap kali ada dan hendak mengadakan event pameran, bisa dipromosiin keluar bentuk promosinya. Hal ini bertujuan agar semakin banyak pihak umum (masyarakat di luar dunia perdesainan) dari audience yang bisa datang ke acara seperti ini. Jadi tidak hanya teman-teman sesama designer saja yang mendatangi pameran. Pihak umum-pun bisa datang ke acara seperti ini untuk mengambil manfaatnya dan dimungkinkan juga mereka bisa bersinergi konsep yang disuguhkan teman-teman designer dengan kemampuan yang mereka miliki. Yaa Siapaaa tahu.

Semoga Bermanfaat

- Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu -
Arief Adityawan S.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Serunya Berkunjung Ke Pameran Desain Di Kampus Tetangga!"

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...