Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Tips Agar Gambar Tidak Jagged! Gunakan Fitur Ini Pada Adobe Photoshop!

Gambar jagged atau gambar yang pixelnya mengecil, kasusnya umum terjadi biasanya setelah gambar ditarik dari kecil dan diperbesar kembali pada Adobe Photoshop. Jika kamu melihat gambar diatas, seharusnya kamu sudah faham. Jika gambar yang ada disebelah kiri menjadi kurang jelas, bahkan sedikit blur.

Untuk sobat-sobat sekalian, yang menyukai atau bahkan sedang memulai belajar desain grafis. Tips ini menurut saya bisa menjadi dasar dan penting saat kita merancang desain menggunakan program olah gambar bitmap, Adobe Photoshop.

1. Dalam contoh ini, dibuat lembar kerja 600x600 pixel pada program Adobe Photoshop.

2. Buka gambar format *.PNG yang akan dimasukkan ke dalam lembar kerja tersebut pada program Adobe Photoshop.
Saya menggunakan format *.PNG biar lebih mudah menjelaskannya saja.. Terserah jika kamu hendak menggunakan format *.JPEG juga bisa.

3. Lihat ukuran gambar tersebut melalui menu Image-Image Size
Dari gambar diatas, dapat diketahui jika gambar berformat *.PNG memiliki ukuran (dalam pixel) lebih besar dari pada lembar kerja yang kita buat.

4. Tarik/masukkan gambar ke dalam lembar kerja yang sudah disiapkan sebelumnya, dengan menggunakan move tool (v).
Maka gambar format *.PNG akan terlihat lebih besar dari lembar kerja. Hal ini dikarenakan pixel gambar lebih besar dari lembar kerja.

5. Agar gambar tidak pecah atau jagged, ketika hendak mengatur besar-kecilnya gambar yang akan disesuaikan, Pilih layer 1 (Layer Gambar) kemudian Klik Kanan – Convert to Smart Object



6. Maka seharusnya Ikon Layer Akan berubah, jika kamu melakukannya dengan benar (Terdapat kotak kecil pada ikon layer tersebut)


Saat akan mengatur besar/kecil gambar ketika disesuaikan dengan lembar kerja, tips ini dapat bermanfaat supaya gambar tidak akan jagged.
Hal ini akan berbeda jika kita tidak melakukan Convert to smart object pada layer. Ketika Gambar akan diatur kecil-menjadi besar maka gambar bisa saja jagged.

7. Selanjutnya simpane (File - Save As) dalam format JPEG Kualitas Maksimum

Semoga Bermanfaat
. . .








Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Agar Gambar Tidak Jagged! Gunakan Fitur Ini Pada Adobe Photoshop!"

  1. boleh juga nih belajar photoshop di sini, soalnya saya lumayan tertarik dengan edit-edit gambar...

    salam kenal..

    ReplyDelete

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...