Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Manfaat Pameran Desain


Hallo Sob!! Bertemu kembali dengan postingan saya yang kali ini akan membahas manfaat dan pentingnya pameran bagi anak DKV. Bukan anak DKV juga penting sihh. Jika kamu telah membaca post saya sebelumnya, pasti kamu akan bertemu dengan sama nama mata kuliah yang unik. Pameran DKV, mata kuliah ini memang masuk dalam kurikulum prodi DKV, Tapi ada juga, kampus yang tidak memasukkan mata kuliah ini ke daftar kurikulumnya.
Kalo kamu anak DKV, kamu sehrusnya tahu yang namanya ikut bergabung atau hanya sekedar merasakan berkunjung ke pameran itu seperti apa. Nahh berikut manfaat pameran desain menurut saya sob:

Tempat Apresiasi Karya
Sebagai desainer, pasti kamu akan bangga kalo karya kamu bisa bermanfaat dan mengena sama target audience yang kamu incer. Nah kalo kamu ikutan yang namanya pameran desain, cocok banget deh buat wadah nempatin karya kamu biar bisa di apresiasi oleh orang lain. Jadi mereka, audience yang dateng, bisa memberikan penilaian apakah setuju sama ide gagasan lewat karya yang kamu suguhin di pameran ini atau mungkin mereka bisa memberikan kritik yang memotivasi buat kamu. Pastinya supaya kamu bisa lebih baik di kemudian hari. Jadi lewat pameran desain, kamu bisa dapat apresiasi sekaligus evaluasi karya kamu dari orang lain.. Manfaat banget kan..!

Sarana Promosi
Selain dapat apresiasi, tidak bisa dipungkiri jika tujuan pameran juga untuk menjual ide kamu melalui sebuah bentuk karya desain yang kamu tampilkan. Manfaat pameran disini yaitu kamu bisa memamerkan karya desain kamu kepada audience yang datang secara langsung. Sebuah keuntungan sendiri menurut saya, karena kamu tidak usah ribet untuk memasarkan produk kamu kesana-kemari. Karena sudah tersedia fasilitas untuk kamu memasarkan dan mempromosikan karya desain kamu melalui kegiatan pameran semacam ini. Jadi menurut saya, sebagai desainer atau calon designer berkelas memang tidak ada ruginya kamu mengikuti pameran.

Alat Komunikasi
Melalui gagasan desain dalam bentuk sebuah karya, kamu bisa mengutarakan maskud dari karya yang kamu ciptakan itu ke orang lain. Yess! Melalui pameranlah kamu bisa dengan tepat menyampaikan pesan dari karya kamu itu. Kan tidak mungkin karya kamu diam saja di kosan, bisa ngomong bahkan jalan ke kamar kos sebelah sendiri. Nahh, melalui kegiatan pameran ini, kamu hanya tinggal melakukan display karya kamu dengan sebaik mungkin, maka para audience akan antusias tertarik sama karya kamu. Jika karya kamu memang bener menarik yaa. Sangat sesuai, melalui kegitan pameran semacam ini untuk kamu berkomunikasi, menyampaikan maksud dari karya desain yang kamu ciptakan kepada audience atau orang lain. Sehingga maksud dari ide yang kamu utarakan melalui karya bisa mengena dan tersampaikan dengan baik.

Sarana Edukasi
Jangan kamu anggap jika pameran itu hanya meghabis-habiskan uang saja, buat kegiatan-kegiatan hura-hura yang tidak manfaat yaaa sob! Karena itu sangat keliru dan salah menurut saya. Pameran juga dapat berperan sebagai sarana edukasi. Jadi untuk seorang designer, pameran bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang mendidik melalui karya-karya yang baik yang di tampilkan. Selain itu juga bagi audience, kegiatan menghadiri pameran bisa digunakan sebagai wahana melatih kepekaan cipta rasa akan seni atau design.  

Motivasi dan Inspirasi
Pastii dong yang berkunjung atau yang mengikuti kegiatan pameran juga seorang designer-designer kece lainnya. Nah, biasanya melalui sebuah pameran kita bisa berkenalan dengan designer-designer lain dan saling bertukar informasi mengenai karya yang diikutkan dalam pemeran tersebut. Tidak jarang jika hal seperti ini biasanya saya manfaatkan untuk motivasi dan mencari inspirasi untuk menciptakan karya yang baik lain untuk kedepannya.

Namun jika saya berkunjung ke pameran hanya sebagai audience, saya bisa mencari inspirasi dari karya-karya yang mereka tampilkan. Karena biasanya setiap designer mempunyai karakteristik sendiri dalam karya desain yang ditampilkan. Hal itu membuat saya semakin banyak mendapat pengetahuan setelah saya berkunjung ke pameran. Tentu membuat saya termotivasi untuk terus merancang karya yang lebih baik ke depannya.

Nahh, masih beranggapan jika mengikuti atau sekedar datang ke pameran itu hal yang sia-sia? Coba resapi dalam hati kalian lagi sob.Hehehe

Menurut saya, memang sangat berguna dan bermafaat sob. Selain hal seperti diatas, tentunya kamu akan mendapat atau bertemu dengan teman-teman designer baru ya! Atau mungkin saja jika kamu lagi hoki banget, datang ke pameran malah mendapat kenalan gebetan baru.
Yang jomblo,langsung melek, tancep gas aja nihh! Hehehe

Semoga Bermanfaat.

" Setialah Membaca dan Tetaplah Berbuat Baik "

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Pameran Desain"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...