Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Desainer Wajib Tahu! Perbedaan Gambar Vektor & Gambar Bitmap




Buat kamu yang mulai berkecimpung di dunia desain grafis ataupun kamu sebagai anak DKV, kamu mesti tahu pengetahuan basic dari jenis gambar grafis antar keduanya sob. Gambar atau grafis berbasis vektor dan bitmap, keduanya memang memiliki perbedaan dan manfaatnya masing-masing. Gambar atau grafis berbasis vektor merupakan objek gambar hasil pembentukan kombinasi antara grafis dan titik-titik menggunakan sebuah rumusan matematis. Sedangkan grafis berbasis bitmap yakni objek gambar hasil pembentukan dari kombinasi warna dan titik-titik. Istilah gampangnya, jika gambar berbasis vektor itu, ketika kamu zoom-in sebesar apapun tidak akan pecah atau jagged. Sedangkan gambar basis bitmap adalah yang jika diperbesar melebihi ukuran realnya akan keliatan pecah atau jagged ataupun terlihat kotak-kotak.

Contoh Gambar Bitmap & Vektor | Ilustrasi dibuat di Program olah Bitmap (kanan) & Vektor (kiri) | Tampak perbedaan, Bitmap (Kanan) terlihat kurang halus & Vektor (Kiri) terlihat halus

Grafis Berbasis Vektor 

Grafis berbasis vektor berdasarkan teori bakunya adalah gambar yang dibentuk berdasarkan unsur kurva dan grafis seperti vektor. Sehingga sekumpulan dari kurva dan garis ini membentuk sebuah gambar atau objek. Gambar vektor ini tidak bergantung dari resolusi. sehingga saat kamu zoom-in ataupun zoom-out, objek atau gambar tidak akan kehilangan detail dari gambarnya itu sendiri.
Gambar vektor juga memiliki ukuran file lebih kecil, plus bisa diperkecil dan diperbesar tanpa harus mengubah ukuran dari file gambar tersebut.

Software yang umum digunaakan ketika kamu ingin merancang gambar vector yakni Adobe Illustrator, Corel Draw ataupun Macromedia Freehand.

Berikut karakteristik dari gambar vector :
• Gambar akan terlihat jelas meskipun diperbesar.
• Kualitas grafis tidak dipengaruhi sama banyaknya pixel.
• Bersifat resolution independent.
• Ukuran penyimpanannya lebih kecil.

• Saya paling suka jika menerapkan grafis basis vector itu untuk merancang logo,ilustrasi, layout halaman, ataupun membuat font.

Grafis Berbasis Bitmap 

Grafis Bitmap biasa dikenal juga sebagai raster, yakni sebuah gambar yang berupa sekumpulan dari titik-titik (jika diperbesar maksimal akan terlihat kotak-kotak) atau nama kerennya pixel. Grafis bitmap punya warna sendiri hingga membentuk suatu objek. Gambar bitmap itu bergantung dengan resolusi serta banyak sedikitnya pixel. Jika gambar diperbesar melebihi ukuran realnya akan nampak terlihat kurang halus yang bisa mengurangi detail gambar itu sendiri. Tidak hanya itu saja sob! Gambar bitmap juga memiliki ukuran file lebih besar. Jadi saat kamu merancang awal, semakin besar resolusi dari gambar tersebut maka makin besar juga ukuran dari file gambar yang kamu setting sob.

Software berbasis bitmap yang biasanya dikenal, antara lain, Adobe Photoshop, Paint dan Corel PhotoPaint.

Nahh…Berikut ciri-ciri dari gambar berbasis Bitmap, antara lain:
• Bisa menyimpan gambar dengan antar format, seperti BMP, TIFF, PNG, dan GIF
• Mempunyai gradasi warna yang lebih halus, nyata dan luwes.
• Gambar akan nampak terlihat kurang jelas pas kamu zoom melebihi real sizenya.
• Terdiri dari titik-titik atau pixel dengan beragam warna.
• Kualitas gambar dipengaruhi dengan banyaknya pixel.

• Ukuran penyimpanan gambar lebih besar.

Sekian penjelasan singkat dari saya sob. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan buat semuanya. Terimakasih.

" Setialah Membaca dan Tetaplah Berbuat Baik "

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Desainer Wajib Tahu! Perbedaan Gambar Vektor & Gambar Bitmap"

Post a Comment

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...