Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Penting Sob!!! Tips Masuk Program Studi DKV


Program studi atau biasa saya sebut prodi yang baru-baru ini sedang melejit, DKV. Tidak bisa dipungkiri jika prodi ini memang nyata diminati belakangan ini. Yaa walaupun dulu, saat pertama saya memilih prodi ini belum setenar seperti sekarang ini, saya patut bangga karena dapat menjadi salah satu bagian dari pelestari ilmu desain.

Begitu banyak kalangan pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya buat milih prodi DKV. Berbagai kampus baik negeri maupun swasta juga mulai berbenah diri menyadari akan fenomena ini. Terutama dari berbagai kampus swasta yang tampak menanggapi serius akan hal ini. Terbukti dengan banyaknya kampus-kampus swasta yang membuka Prodi Desain ataupun DKV. Yang pasti, tidak kalah hebat dibanding label kampus negeri yang menjadikan prodi ini sebagai andalan buat menampung para pelajar yang sedang dilanda keresahan.

Nahh..Bagi sobat sekalian yang akan memilih prodi DKV, berikut saya paparkan berdasarkan pengalaman saya, tips penting sebelum memilih masuk ke dalam Prodi DKV :

Siapkan Mental dan Tekad yang Kuat
Mental dan Tekad adalah sumber utama dari kehidupan seorang anak DKV. Karena kuatnya mental dan tekad bisa membangun dan menguatkan diri kamu dari semua cobaan, cemoohan yang akan datang silih berganti, ketika kamu memilih prodi ini. Bahkan dari kerabat sekitar kamu sendiri! Percaya deh sob dengan saya, jika mental yang kuat itu akan mengalahkan semua hal negatif yang mereka pikirkan tentang kamu dan prodi kamu itu. Karena berdasarkan pengalaman saya, saat kamu memilih prodi DKV, kebanyakan dari mereka hanya bisa mendoakan kalo kamu selamat di dunia yang kejam dan keras ini nantinya, nah lohh… Ataupun mereka akan memberi semangat agar kamu tetap bertahan hidup,,ehhh busyett dah…

Dengan mental dan tekad yang kokoh, bisikan gaib sehalus apapun tidak akan sampai masuk di telinga kamu. Jadi memang kamu harus berkomitmen kuat ketika sudah memilih masuk di prodi ini. Karena cepat ataupun lambat, kamu akan segera menghadapi berbagai macam kegiatan dan kenyataan pahit, serta sekelompok tugas yang datangnya selalu keroyokan dengan deadline yang bisa mengancam hubungan LDR kamu!

Lebih Baik Pandai Menggambar
Loh? Harus pandai gambar ya?? Kan saya tidak bisa gambar, saya tidak pandai menggambar? Bagaimana dong??

Ya, saya hanya memberikan saran untuk kamu sob. Sebelum memilih prodi ini, alangkah baiknya kamu juga bisa menilai diri dan kemampuan kamu. Saat kamu memang sudah menyadari jika kamu pandai menggambar, atau istilahnya berbakat, untuk mengasah kemampuan dan wawasan kamu tentang apa itu gambar sebenernya. Apa itu desain? Apa itu desain yang baik? Prodi DKV memang dirasa sesuai sekali untuk diri kamu, sob. Tapi untuk sobat-sobat saya lain, yang tidak atau belum bisa ngegambar, jangan sampai berkecil hati dulu. Untuk kamu yang memang belum mahir dalam hal ini, tapi hendak memilih prodi ini, saya sangat menyarankan mulailah dari sekarang dari dalam diri kamu yang paling dalam untuk menguatkan tekad bulat, kalau kamu akan mencintai gambar. Karena orang yang berbakat menggambar, bisa saja jatuh karena memang tidak mencintai gambar.

Nah orang yang sudah pasti mencintai gambar, walau halangan sekeras apapun kamu akan mampu berlatih, terus mengasah mulai dari nol kemampuan kamu karena ada dasar yang kuat dari dalam diri kamu, kalau kamu itu mencintai gambar. Hingga nantinya cepat ataupun lambat dirasakanlah kemampuan menggambar kamu itu. Karena bakat yang sesungguhnya adalah ketika kamu mampu mengasah terus kemampuan kamu. Ciyee... sok bijak!

Bisa Mengatur Waktu
Saat kuliah nanti, kehidupan belajar kamu tidak hanya di dalam kelas saja sob. Kehidupan sosial di luar kelas lingkungan kampus mahasiswa menurut saya akan lebih dominan dalam hidup kamu nanti. Jadi saat kuliah, apalagi masuk ke dalam prodi DKV itulah hal tersulit bagi kebanyakan mahasiswa DKV. Kamu pasti sudah sering mendengar jika tugas-tugas perkuliahan DKV itu super duper maha dahsyatnya. Semua berkaitan erat dengan deadline. Maka dari itu, sebagai mahasiswa yang harus tetap bertanggung jawab, kamu diharuskan bisa pintar-pintar mengatur waktu kamu sob. Karena kamu akan segera dihadapkan dengan sekerumunan tugas yang akan menghantam hari-hari kamu. Disisi lain, kamu juga dituntut harus tetap aktif dalam kegiatan-kegiatan lingkungan sekitar kampus. Jika kamu bisa mengatur waktu masing-masing, maka berbahagialah hidup kamu sob.

Rajin Menabung
Hah?? Kenapa mesti menabung? Jatah bulanan saja pas-passan kok, bagimana bisa menabung?

Walaupun jatah bulanan kamu pas-pasan. Bahkan setiap akhir bulan harus menuliskan bon di warteg sebelah. Atau lebih parah lagi harus mencari warteg sebelahnya lagi, karena kasbon warteg sebelumnya belum mampu kamu bayar.

Disini, kamu mesti bisa menyisihkan sedikit jatah bulanan kamu buat tabungan kamu sob. Karena menurut saya pribadi, menabung bagi mahasiswa DKV sangatlah penting. Karena peralatan untuk mengerjakan tugas-tugas dalam prodi ini tidak bisa dianggap enteng. Kamu bakalan merasakan perbandingan harga lima warna cat poster dengan seporsi jatah makan kamu di warteg. Membeli berbagai macam kertas, hingga kanvas dengan ukuran minimal A3 adalah hal yang biasa. Bahkan hingga membeli alat ukir karena tidak semua kampus menyediakan peralatan yang memadai, jadi terkadang terpaksa mau tidak mau, kita harus membeli segala peralatan tugas secara pribadi. Nah begitu pentingnya kegiatan menabung menurut saya, jadi sewaktu-waktu saya harus mengeluarkan uang untuk membeli peralatan untuk menyelesaikan tugas, saya tidak perlu susah payah meminta teman untuk mentransfer suntikan dana ke ATM saya.

Jadi masih berpikir ulang untuk masuk jurusan DKV? Memang sebaiknya semua hal yang menyangkut masa depan kamu harus dipikirkan secara matang. Jadi tidak ada yang namanya kata menyesal dikemudian hari. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat saya sekalian yang sedang membidik prodi ini.

" Setialah Membaca dan Selalu Berbuat Baik "

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Penting Sob!!! Tips Masuk Program Studi DKV"

  1. Paling demen liat skill gambar anak2 dkv. Jagonya juara.... Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak udah mampir & mengapresiasi :D
      salam kenal balik, pak.

      Delete
  2. mantap wa..
    moga istiqomah nulis wkwkwk

    ReplyDelete

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...