Belajar itu Menyenangkan! Multimedia Interaktif Pembelajaran Untuk Anak.

Masih Ragu Memilih Jurusan DKV?? Berikut Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan DKV

Halo!! Muncul lagi nih, postingan saya yang semoga bermanfaat di waktu-waktu liburan seperti gini. Tapi, judulnya saja tidak ada hubungannya sama suasana liburan yaa. Hehehe. Setelah kamu membaca dengan postingan saya sebelumnya, mengenai mengenal jurusan Desain Komunikasi Visual, berikut saya lanjut melalui postingan yang mungkin bisa menguatkan keyakinan dan tekad kamu kenapa kamu harus memilih kuliah di Jurusan DKV. Simak beberapa alasannya berikut ini:

Ingin Mempelajari Lebih Dalam Ilmu Desain 
Biasanya jika kamu mempunyai alasan seperti ini, hal itu dikarenakan kamu sudah merasa mempunyai ketertarikan atau passion dalam bidang desain. Sebut saja misalnya selama masa SMA kamu sudah suka menggambar, menyukai digital imaging, suka merancang desain undangan menggunakan corel draw dsb.
Memang tidak salah jika kamu memilih Jurusan DKV. Karena memang jawaban dari alasan kamu sudah tepat. Karena di jurusan ini, kamu nantinya akan mendapatkan banyak ilmu, baik teori maupun praktik desain. Otomatis skill dan pengetahuan kamu akan menjadi bertambah setelah kamu lulus nanti. Dengan begitu, maka kemampuan dan olah rasa taste kamu mengenai desain akan berubah menjadi lebih baik. Kamu akan menemukan karakter diri yang biasanya berpengaruh dengan hasil desain kamu.

Kuliahnya Tidak Membosankan
Selain karena mata kuliahnya banyak yang berbeda dan unik dibandingkan dengan jurusan lain, walaupun banyak tugas dan deadline. Faktor teman-teman kampus kamu juga bisa berpengaruh membuat tidak cepat bosan juga sob. Kebanyakan anak-anak di Jurusan ini asyik-asyik dan solid, tidak kaku dan polos masalah tugas dan nilai, kecuali saya. Selain itu, kuliah di DKV memang dapat saya katakan santai, dibandingkan jurusan lain. Disini, kamu bisa masuk kelas terlambat, biasanya beralasan karena print tugas yang lama. Dikatakan santai, karena kuliah disini seringnya hanya asistensi tugas, ataupun diskusi singkat jika ada pertanyaan mengenai tugas. Selain itu, sisa waktunya hanya digunakan dosen memberikan tugas lagi. Jadi memang intinya dapat dikatakan, kuliah disini hanya untuk info jika dosen akan memberikan tugas yang baru. Ngoehehe.

Bisa Menambah Penghasilan Sambil Kuliah
Ini nih yang paling saya sukai! Mencari tambahan penghasilan sambil kuliah, atau nama bekennya freelance! Karena biaya alat-alat tugas itu tidak murah, selain itu kas bon warteg sebelah juga udah numpuk, ditambah kiriman jatah bulanan yang terlambat. Seringkali anak DKV berinisiatif buat mencari kerja sampingan buat bayar kasbon warteg sebelah. Ngoehehe.
Untuk anak DKV, pasti sudah kental bahkan akrab sama dunia freelance. Selain karena tuntutan beban hidup sebagai anak DKV, dunia freelance juga bisa digunakan untuk menmabah dan memperbarui portofolio karya. Jadi setelah lulus nanti, perusahaan bakal lebih percaya jika skill kamu memang sudah dihargai di industry desain kreatif. Dan yang paling penting adalah kamu bisa sedikit membuat bangga orang tua plus meringankan beban orang tua kamu, untuk mengurangi jatah bulanan nantinya. Manfaat banget kan sob! 
Mencari penghasilan melalui freelance, untuk anak DKV memang tidak terlalu sulit menurut saya, Selain banyak situs-situs di internet yang memang menyediakan jasa freelance desain, juga karena pelajaran, teori hingga praktik plus tugas selama kuliah berkaitan erat mendukung dengan yang namanya bisa mencari penghasilan sendiri alias belajar mandiri. Jadi tidak seperti jurusan lain, yang kebanyakan teori tapi mlempem di industrinya sendiri. Karena menurut saya, goal pendidikan yang nyata, selain mencari ilmu yang baik dan bermanfaat, kita juga bisa memanfaatkan ilmu itu buat mencari penghasilan untuk kehidupan kita sendiri.

Prosepek Kerja Lulusan DKV Yang Menggiurkan 
Jika kamu sudah membaca postingan saya sebelumnya, pasti akan mengetahui jika prospek kerja lulusan DKV itu ternyata sangat luas dan fleksibel. Memang di jaman sekarang, banyak sekali perusahaan-perusahaan kreatif bermunculan, tapi kebanyakan di kota-kota besar. Dari perusahaan media massa, Penerbitan buku, PH, hingga Creative agency.
Bukan hanya di sektor swasta saja sob! Industry kreatif juga sekarang gencar dicari di sektor pemerintahan. Misalnya saja CPNS. Lulusan DKV juga masuk dalam formasi yang dibutuhkan di sektor pemerintahan lhoh. Biasanya masuk dalam bidang humas, atau di departement komunikasi. Tugasnya tentu sama saja, merancang desain iklan atau informasi yang disebarin ke masyarakat.

Sangat luas kan? Jadi menurut saya, jangan ragu masuk di DKV! Beberapa alasan tadi bisa digunakan jika kamu hendak menentukan pilihan kamu memilih di Jurusan ini. Semoga alasan itu bisa memberi jawaban dari keresahan kamu semua sob.


" Setialah Membaca dan Tetaplah Berbuat Baik "

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Masih Ragu Memilih Jurusan DKV?? Berikut Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan DKV"

Hindari kalimat negatif, p*rngrafi, serta perjudian

Random Posts

Sedang Memuat...